Aneka Tepung
aneka-tepung

aneka-tepung

Tepung Terigu
Kata “terigu” berasal dari bahasa Portugis, trigo, yang berarti gandum. Selain terkenal sebagai bahan dasar pembuat kue dan mi, adonan tepung terigu yang karakteristiknya lebih halus banyak dipakai dalam gorengan bertekstur lembut seperti mendoan.

Tepung Beras
Seperti namanya, tepung ini memang terbuat dari beras, baik yang putih maupun yang merah. Walaupun banyak dibuat sebagai bahan pembuat kue, tepung beras banyak dicampurkan bersama tepung terigu untuk membuat adonan celupan supaya tekstur gorengan lebih renyah dan garing.

Tepung Panir
Biasa dikenal dengan tepung roti, tepung ini terbuat dari roti tawar kering yang ditumbuk agak kasar. Di Jepang, tepung ini disebut panko yang digunakan untuk melapisi hidangan katsu dan ebi furai dengan karakteristik lapisan luar yang renyah. Kini tepung ini dijual dengan pilihan warna oranye, kuning, dan putih polos.

Tepung Tapioka
Tepung yang terbuat dari singkong ini banyak dikenal sebagai bahan perekat makanan seperti bakso. Untuk mendapatkan hidangan gorengan yang renyah, campurkan satu sendok teh tepung tapioka dalam 3-5 sendok makan tepung terigu untuk adonan celupan.

Tepung Maizena
Tepung ini terbuat dari jagung dan pemakaiannya dalam gorengan harus dalam jumlah cukup agar tekstur gorengan tidak keras. Campuran tepung maizena dan terigu biasanya dipakai untuk celupan pertama lalu kembali digunakan sebagai pelapis terakhir. Hal ini bisa membuat gorengan bertekstur renyah tetapi empuk.